Posted in daily life, Humanism

revolusi mental lewat tablet

revolusi mental.. istilah yang sedang trend sekarang ini buat seluruh bangsa Indonesia setelah pemilihan presiden baru, JKW-JK.
Saya ngga mau basa basi mengenai frase ini, intinya presiden baru kita ini ingin seluruh rakyatnya mempunyai mental baru..
mental yang berevolusi dan berkompetisi dalam kemajuan negara..

Tulisan saya ini terinspirasi dari breaking news di radio yang sangat menarik buat dicermati buat kita semua.
Berhubung masih nganggur setelah lanjut studi di luar, iseng2 nulis ajalah..
Buat semua penduduk yang bekerja di Jakarta, tapi tempat tinggalnya di luar Jakarta, udah pasti menyantap nikmatnya macet tiap hari kerja..
Sama seperti saya, dulu sewaktu kerja sebelum lanjut studi di luar. Saya tinggal di Bekasi, kantor saya ada di Jakarta, deket patung Jendral Sudirman situ.
Tiap hari pas mau kerja dan pulang, bawaannya pasti ngedumel karena macet itu.
Memang lama2 pasti kebiasa dengan macet ini, cuman kok kayaknya kepikiran juga sama apa yg dibilang radio..

Jadi gini,,
Kalau dihitung2 secara statistik, orang yang senasib sama saya, kerja di Jakarta, tinggal di luar Jakarta,
(pernah denger kalo ngga salah hampir sama jumlahnya dengan yang kerja di Jakarta, tinggal di Jakarta), pasti bolak balik ke rumah dalam rentang waktu 3-4 jam,
Lalu kita kalkulasi selama setahun, kita kerja full selama 365 – 128 (sabtu minggu 104 hari, cuti wajib 14 hari, cuti hari nasional 10 hari) = 237 hari
Selama 237 hari tersebut, kita kalikan dengan rasio per hari range bawah dari rentang bolak balik ke rumah (3 / 24 * 237) = hampir 30 hari
Berarti,selama setahun kita habiskan waktu di jalan buat kurang lebih 30 hari (sebulan) di jalan..
Kalau mau dikalkulasi lebih lanjut, misalkan kita bekerja selama kurang lebih 25 sampai 30 tahun selama hidup kita,
lalu kita kalikan range bawah, 25 tahun, dengan rasio per tahun dari lama waktu kita di jalan (1 / 12 * 25) = lebih dari 3 tahun

Berarti hidup kita dihabiskan selama 3 tahun di jalanan..
Oh My God, waktu yang sangat lama!!

Tipikalnya kalo yang saya lihat di jalan dan yang saya lakukan juga pas lagi macet,
kita pasti sibuk mainin hape sendiri.. entah itu twitteran, facebook, update gosip, whatsapp, dsb…
konsekuensinya,, pulsa hape yg ga kerasa abis buat internet tapi tetep kita isi (entah itu paket internet harian,mingguan,atau bulanan)
dan baterai hape yg di charge tiap hari sampai2 beli portable recharger-nya / powerbank

Sebenernya ga ada masalah sih mainin hape pas lagi macet2an..
cuman sejak saya sering pakai tablet saat studi di luar, saya mulai mikir kayaknya lebih enak main tablet dr pada main hape..
Selain karena saat itu hidup irit ngurangin langganan internet hape (jarang macet juga dari kampus ke kosan / dorm), main tablet itu lebih banyak manfaatnya..
oh iya,tablet itu mini komputer ramping berukuran kotak yang layarnya cukup besar (lebih besar dari hape, kira2 setengah layar laptop)

Saya ga merasa kalo mainin hape selama macet itu seharusnya tidak perlu, cuman saya pikir ini salah satu bentuk revolusi mental..
Waktu selama 3 jam bolak balik ke rumah hanya untuk update status, liat gosip / berita ga penting, dan termasuk ngegosip jg via whatsapp kliatannya gimanaa gitu..
3 jam loh.. kayaknya agak bosen juga yaa..
Toh juga pada saat jam kerja hal itu juga kadang2 kita lakukan, ngecek hape di sela2 stress jam kerja..
Saya pikir gadget ini sebaiknya jadi kebutuhan yg cukup penting, terutama buat orang2 urban pencari nafkah di jakarta..
waktu selama 3 jam itu bisa lebih bermanfaat buat diri kita dengan menggunakan tablet..
entah itu nonton film, baca buku, atau main game..

Tablet itu ada banyak macam / merk-nya.. tapi secara umum, terbagi 2 macam, ada yang pakai SIM Card / non-SIM Card
Kalau saran saya sih, berhubung udah punya hape jg, mending beli yg non-SIM Card, lebih murah dan lumayan juga irit pulsa… hehehe..

salam revolusi mental

Advertisements

Author:

a man with a good heart and healthy mind who likes to share his ideas, thoughts, experiences through an online book called blog.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s